Kapan Saya Bisa Ambil Uang Asuransi Prudential Saya?

PAKARASURANSI.ID - Sebenarnya ini adalah postingan lama. Namun dikarenakan masih banyak nasabah bahkan sebagian agen yang belum memahami betul akan asuransi unit link, ada baiknya saya publish ulang tulisan ini.


Dalam tulisan ini kita akan membahas salah satu pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh nasabah maupun calon nasabah, yaitu 'Kapan saya bisa ambil uang asuransi Prudential saya?' Inti dari pertanyaan ini adalah mengenai kepastian mengenai uang yang akan disetorkan nantinya.


Namun, sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya sebagai perencana keuangan yang baik, kita harus dapat menjelaskan sedetilnya siapa itu Prudential? Apa itu asuransi unit link? Bagaimana alokasi dana kita ditempatkan? Apakah ada biayanya? Jika iya, berapa besar? Baru kemudian menjawab pertanyaan kapan saya bisa ambi uang asuransi Prudential saya.


Hal ini penting karena sering diketemukan atau membaca komentar nasabah yang pada dasarnya KECEWA karena tidak paham betul apa itu unit link. Padahal jika sudah mengerti, nasabah akan sadar kemana uang mereka dan untuk apa. Jadi agen dan calon nasabah wajib paham betul akan hal ini supaya tidak salah paham di kemudian hari.




[caption id="attachment_731" align="aligncenter" width="760"]sumber gambar: https://lindungimasadepan.files.wordpress.com/2016/02/unit-link.png?w=760 sumber gambar: https://lindungimasadepan.files.wordpress.com/2016/02/unit-link.png?w=760[/caption]

Mengapa hal ini penting? Simplenya, karena masyarakat kita masih sangat perlu diedukasi tentang asuransi unit link. Tujuan utamanya supaya tidak terjadi mis-selling ataupun mis-concept dan tujuannya masyarakat jadi paham betul kemana uangnya dialokasikan dan berapa nilai tunai yang terbentuk. Jujur saja, masih sering ditemukan nasabah yang diracuni konsep kalau mengambil polis asuransi itu sama seperti menabung di bank, kapan saja mau diambil silahkan dan nilainya UTUH! Tentu saja pemaparan seperti ini perlu penjelasan yang utuh. Kapan nilai tunai utuh? Apakah menyetor premi 1 juta tiap bulan, maka pada tahun ke 2 (24 bulan) kita bisa menarik uang kita senilai 24 juta? Tentu saja tidak!


Selain itu, besar harapan juga jika pemaparan kita sudah jelas dan lengkap, maka kedepannya (harapannya) tidak akan lagi muncul keluhan seperti surat pembaca berikut ini: - http://analisadaily.com/letter/kecewa-dengan-agen-prudential/559/2015/06/30


Siapa itu Prudential Indonesia?


Hal ini penting dijelaskan juga ketika ada nasabah yang bertanya bagaimaan kalau Prudential nanti bangkrut? Untuk tahu lengkapnya bisa mengunjungi situs resmi Prudential di sini: http://www.prudential.co.id/corp/prudential_in_id/header/aboutus/index.html


Dan Prudential Indonesia berada di dalam grup Prudential plc. Prudential plc adalah sebuah grup jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan jasa keuangan ritel dan pengelolaan dana di pasar-pasar terpilih: Inggris Raya, Amerika Serikat, Asia dan Eropa. Di Inggris, Prudential adalah penyedia jasa asuransi jiwa dan dana pensiun terkemuka yang menawarkan berbagai produk keuangan ritel.


Prudential plc berlokasi di Inggris dan Wales, dan perusahaan-perusahaan terafiliasinya merupakan salah satu grup jasa keuangan terkemuka dunia. Prudential plc menyediakan layanan asuransi dan keuangan melalui anak-anak usaha dan perusahaan afiliasinya di seluruh dunia. Prudential telah hadir di industri ini selama lebih dari 165 tahun dan memiliki total aset kelolaan sebesar £457 miliar (Rp9.264 triliun, per 30 Juni 2014). Prudential plc tidak memiliki hubungan apapun dengan Prudential Financial, Inc., sebuah perusahaan yang beroperasi di Amerika Serikat.


Di Asia, Prudential adalah perusahaan asuransi jiwa terkemuka dari Eropa yang memiliki jaringan bisnis yang tersebar di 13 negara: Kamboja, China, Hong Kong, India, Indonesia, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.


Dan menurut majalah Investor, Prudential Indonesia adalah perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia. Dengan total aset terbesar: Rp 55,9 triliun, total pendapatan premi terbanyak: Rp 26,9 triliun, untuk Syariah juga dengan total kontribusi dana tabarru: Rp 2,2 triliun, total dana kelolaan: Rp 45,2 triliun, dan total klaim dibayarkan: Rp 9,1 triliun. Dan catatan ini diperkuat dengan Risk-Based Capital (RBC): 1.029%. (31 Desember 2015).


Apa itu Asuransi Unit Link?



Hal lain yang perlu dipahami oleh nasabah atau calon nasabah Prudential adalah Apa itu Unit Link? Apakah konsepnya sama persis kita menabung di Bank? Apakah diperbolehkan menggunakan istilah menabung? Jawaban singkatnya TENTU SAJA BERBEDA.


1. Apakah Anda pernah mendengar nasabah bank mendapatkan santunan rawat inap dan berobat di rumah sakit?
2. Apakah Anda pernah mendengar nasabah bank mendapatkan santunan sakit kritis, cacat tetap total baik karena sakit atau kecelakaan?
3. Apakah Anda pernah mendengar nasabah bank mendapatkan santunan uang pertanggungan ketika meninggal?


TENTU SAJA TIDAK! Dan inilah perbedaan antara menabung di bank dan investasi di unit link.


Ketika terjadi sakit biasa dan rawat inap, sakit kritis, cacat tetap total, meninggal dunia, ada santunan dari investasi unit link (sesuai dengan manfaat yang kita ambil tentunya)


Apakah ini GRATIS? Apakah tidak ada biayanya? Nah, disinilah harus diperhatikan sebaik-baiknya. Seperti ada istilah mengatakan no free lunch (tidak ada makan siang gratis) demikian juga dengan rekening unit link ini. Perusahaan asuransi bukanlah yayasan sosial. Perusahaan asuransi adalah PT yang membawa misi cari untung juga. Agen dan staff yang bekerja juga perlu makan. Iklan di tv, surat kabar, media online, juga membutuhkan biaya.


Jika demikian, perusahaan asuransi untung dari mana?


Nah, disinilah agen harus menjelaskan mengenai biaya-biaya yang ada di dalam rekening unit link. Minimal ada 2 biaya major yaitu biaya akuisisi dan biaya asuransi. Untuk sederhananya silahkan lihat tabel berikut ini.



- Biaya Asuransi Bulanan


Dalam ilustrasi di atas tercantum data calon nasabah, pria usia 30 tahun, tidak perokok. Mengambil asuransi unit link dengan manfaat asuransi:
1. UP PAA 20jt+Link Term 880 juta = Total UP 900 juta - santunan warisan/santunan meninggal yang akan diterima ahli waris walau pun baru menyetorkan premi 1 bulan (1juta) dan takdir berkata harus check-out dari dunia (penerima manfaat mendapatkan santunan warisan 900 juta)
2. Kartu berobat dengan pilihan kamar 500ribu. Total manfaat per tahun 215 juta/tahun. (total setoran premi kita hanya 120juta selama 10 tahun namun manfaat tahunan kita untuk rumah sakit jauh di atas itu. Itulah asuransi - untuk detil bisa hubungi agen profesional terdekat di kota Anda)
3. Manfaat stop setoran premi jika setelah polis berusia 90 hari dan didiagnosa terkena sakit kritis (disetorkan sampai usia 55 tahun)


Dan untuk ketiga manfaat di atas ada biaya asuransi bulanan yang jika ditotalkan adalah Rp. 241,973.00/bulan.


- Biaya Akuisisi


Dalam asuransi unit link, premi kita terbagi 2, yaitu premi berkala(premi untuk membeli manfaat asuransi) dan premi top-up berkala (premi investasi). Dalam contoh tabel di atas, dari total 1 juta yang kita setorkan tiap bulan di bagi ke premi asuransi sebesar Rp. 666,667.00 dan premi investasi sebesar Rp. 333,333.00


Nah, dari premi asuransi itu akan dikenakan biaya akuisisi selama 5 tahun pertama. Tahun 1 = 100%, tahun 2 = 60%, tahun 3 - 5 = 15% (total 205%). Artinya, dari total setoran kita di tahun 1, yang Rp. 666,667,00 (premi asuransi) 100% bukan milik kita. Milik kita hanyalah yang premi investasi yaitu sebesar 95% * total prusaver (premi investasi).


Di sinilah sering (ada kalanya sudah dijelasin tapi kurang mengerti atau mungkin tidak dijelaskan) sehingga kurang paham. Dan untuk membuat lebih jelas silahkan lihat tabel berikut ini:



- Nilai Tunai di ilustrasi pada tahun 1 hanya sekitar 4 jutaan saja, hasil dari Rp. 333,333.00 di kali 12 bulan.
- Nilai Tunai pada tahun ke - 10 sudah balik modal alias BEP di kisaran bunga tinggi sebesar Rp. 135 juta (total setoran premi kita selama 10 tahun = 120juta)


nb: di kisaran bunga rendah dan sedang belum BEP. Perlu dicatat, tabel ilustrasi nilai tunai tidak bersifat mengikat. Pergerakan nilai tunai bisa di atas juga bisa di bawah.Tetapi jika berdasarkan kinerja unit link Prudential selama ini jika ditarik dari sejak pertama kali unit link diluncurkan, maka rata-rata untuk rupiah equity fund Prudential adalah 20.65%.


Satu catatan besar bagi tenaga pemasaran dan juga nasabah atau calon nasabah, pastikan kita mengerti betul akan pembagian alokasi premi asuransi dan premi investasi. Ada nasabah yang tidak masalah premi asuransi jauh lebih besar atau bahkan full premi asuransi dikarenakan sang nasabah mengerti betul akan pentingnya manfaat proteksi kesehatan, proteksi aset, dan persiapan dana warisan tanpa kena pajak, dll. Itulah sebabnya, sebagai agen Prudential yang profesional, kuasai produk dan jelaskan pentingnya manfaat asuransi, niscaya nasabah tidak akan mempermasalahkan nilai tunai lagi. Ingat! Tujuan utama kita adalah mengedukasi pentingnya asuransi yang dibalut investasi bukan sebaliknya.


Tetapi jika ada nasabah yang memang tujuan utamanya adalah program dana pendidikan anak, program naik haji, atau program lainnya yang sifatnya jangka panjang, maka bijaklah di dalam memberikan alokasinya. Jangan sampai nasabah tidak mengerti atau kecewa di kemudian harinya.


Kapan Saya Bisa Ambil Uang Asuransi Prudential Saya?


Okay, kita kembali ke pokok bahasan utama kita. Kapan Saya Bisa Ambil Uang Asuransi Prudential Saya? Maka jawaban terbaik dari tergantung kapan Anda memerlukannya. Jika awal masuk adalah untuk program dana anak kuliah, bijaknya tunggu anak baru mau masuk kuliah baru diambil. Jika program dana pensiun, ya tunggu pensiun baru kita nikmati hasilnya.


Bagaimana kalau kepepet? Apakah renovasi rumah, mau beli mobil baru, jalan-jalan ke luar negeri masuk kategori kepepet? Tentu saja tidak, bukan?


Kapan biasanya kita kepepet? Bukankah pada saat terjadi musibah sakit dengan kita? Jika itu yang terjadi, tidak perlu kuatir. Bukankah Anda memiliki polis asuransi jiwa terbaik di Indonesia? Gunakan itu saja. Perlu digarisbawahi, berapapun manfaat asuransi yang kita gunakan (tidak akan mengurangi nilai tunai yang terentuk karena itu sudah dipotong biaya asuransi bulanan).


Apakah Anda sudah memahami polis unit link? Ingin bertanya lebih dalam lagi? Atau Anda ingin membuka polis bagi Anda dan keluarga? Silahkan email ke pakarasuransi01@gmail.com. Free konsultasi untuk merancang masa depan yang lebih cerah.


Yuk berasuransi unit link bersama Prudential.

Subscribe to receive free email updates:

28 Responses to "Kapan Saya Bisa Ambil Uang Asuransi Prudential Saya?"

  1. Hi..Maaf Mau Tanya ...Saya dah ikut asuransi Prudential lebih dari 2 thn Dan tiba2 saya tidak Bisa lagi bayar asuransi itu ...Tapi tabungan saya Juga Ada..Apakah saya Bisa ambil ..? Please answer

    BalasHapus
  2. Salam Bu Siti,sebagai salah satu customer asuransi,saya sarankan supaya Ibu melihat tabel di polis asuransi Ibu,yg rupanya seperti tabel contoh di atas.
    Bisa saja ibu ambil dana Ibu yg ada di asuransi,tapi pastinya rugi kalau baru 2 tahun sudah ambil dana nya.Karena rata2 BEP asuransi itu setelah tahun ke-10.Walau ada juga asuransi yg BEP sebelum tahun ke-10

    BalasHapus
  3. Hai...sya kan ikut asuransi pendidikan dn sekarang sdh masuk thn ke 5..di thn brp ya kira2 saldo nya mulai naik..?please answer

    BalasHapus
  4. i wayan sudiarta6 Mei 2017 00.13

    1.saya ikut prudential proteksi dan ivestasi sudah 5th..type claim(tanpa kartu)karena premi saya hanya 350 rb/bulan.jika nanti per10th,apakah dana saya akan saya dapatkan penuh sesuai ilustrasi tabel jika saya tutup buku dan apakah nanti ada potongan dari pihak prudential?
    2.jika nanti sudah 10th..apakah bisa proteksi saya tetep jalan jika saya claim investasinya saja,jika bisa apakah ada potongan dari dana investasi saya..jika ada,berapa persentasenya??

    BalasHapus
  5. Slmt siang saya mau tanya nih saya jd nasabah prudential sdh 8thn tp knp saldo saya cm 22jutaan? Selebihnya kemana? Masa iya investasi tp gk untung,jd klo sdh 10thn nanti bagaimana?

    BalasHapus
  6. Pakar Asuransi5 Juni 2017 09.12

    Coba konsultasi ke agennya pak Henizar. Karena asuransi unit link itu bukan murni investasi, tetapi asuransi yang ada investasi. Nah, porsi investasi berapa besar akan mempengaruhi nilai tunai yang ada. Terima kasih.

    BalasHapus
  7. Selamat siang pak.saya mengikutkan anak sy asuransi prudensial dengan premi 500 rb perbulan dan sudah berjalan 2 tahun lebih apakah dalam waktu 10 tahun uang itu bisa cair beserta bunganya apabila gak perna di claim? Mohon penjelasanya..thanks

    BalasHapus
  8. marudut.sitinjak30 Juni 2017 22.37

    Selamat pagi pak, ini saya mau bertanya saya mengikuti asuransi prodential,dan sudah 6tahun,jika saya mau tutup buku karena alasan tidak sanggup bayar lagi apakah saya bisa ambil semua duit saya itu.

    BalasHapus
  9. Apakah setelah 2 thn ikut asuransi prudensial bisa berhenti dan bagaimana dg tabungannya

    BalasHapus
  10. wahyono sudiono10 Juli 2017 18.55

    Hallo...

    Mohon Ma'af Sebelumnya, Saya mau tanya soal Asuransi Ilustrasi di atas itu sudah termasuk Asuransi Kesehatan...?
    Mohon Balasan-nya, Terima Kasih.

    BalasHapus
  11. Saya ikut prudensial.rencana mau ambil di tahun ke 5..saya perbulan 500rb..jadi berapa kira2 saya teeima...terima kasih

    BalasHapus
  12. Halo saya mau tanya saya ikut asuransi prudent udah 3 tahun,saya bayar 500rb/bln namun pada saat saya mau stop dijelaskan kalo dana yg bisa diambil HANYA 4.8JT,lah sisanya kemana..????sdngkn klo d hitung ttl yg sdh saya setorkan sbanyak krng lebih 18jt......

    BalasHapus
  13. Selamat sore Pakar Asuransi....
    Saya sudah bayar premi Prudential 11 tahun lebih dengan metode pembayaran premi setiap bulan.
    Yang mau saya tanyakan adalah:
    1. Mana yang lebih baik: Stop bayar premi atau terus bayar premi saja?
    2. Kalau mau stop bayar premi, apakah harus konfirmasi atau isi formulir agar perlindungan asuransi kita tetap berjalan atau memang secara otomatis tercover selama masih ada nilai tunai kita ya?

    Atas jawaban nya, saya ucapkan terima kasih...

    BalasHapus
  14. Hallo sy sudah ikut asuransi prudential syariah selama 6th. Tp saat ini sy sudah tidak bisa melanjutkan lagi pembayaran. Bisakah dana yg ada sy tarik. Karena sy sangat membutuhkan dana ini

    BalasHapus
  15. Selamat siang, Pak. Saya mau nanya, saya ikut asuransi prudential sudah 10 tahun dgn premi 500rb/bln, sekarang mau tutup premi. Belum pernah klaim sama sekali, tapi kenapa uang tunai yang bisa diambil kok cuma 24 jt? Dan lagi, sewaktu saya hubungi agent, dia malah jawab "nanti urusannya sama anak saya aja, soalnya dia agentnya", pdahal nama dia yg tertera dikontrak. Saya kayak tertipu dengan 'mulut manis' agent prudential Trims.

    BalasHapus
  16. ferdison balili28 Juli 2017 03.32

    mau tanya saya sudah membayar premi setiap bulan sebesar 1 juta tiap bulan rutin tanpa menunggak jatu tempo asuransi 2020 berapa jumlah dana yg saya terima setelah jatuh tempo

    BalasHapus
  17. Saya sudah ikut asuransi prudential selama 12 tahun, dan agen saya sdh berhenti dr prudential sedangkan penggantinya tdk pernah ketemu dgn saya, berhubungan kemana kalau sy mau cairkan tabungan saya.

    BalasHapus
  18. Saya mau cairkan tabungan dan saya sdh ikut asuransi selama 12 tahun kemana saya harus mengajukan dan apa syaratnya

    BalasHapus
  19. Pakar Asuransi14 Agustus 2017 04.04

    Silahkan hubungi 0211500085 atau agen Anda untuk informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  20. Maaf pak,,kl boleh tau bp vatas akhir byr premi brp th??

    BalasHapus
  21. misal saya mau ikutkan asuransi anak saya yg masih berumur 13thn, diutamakan untuk tabungan masa depan minimal preminya brp? tks

    BalasHapus
  22. saya nasabah pru syariah. tahun ke -7. saldo tunai hinga tahun ke-7 tidak lebih dari 5% ( dari ilustrasi ). padahal untuk dapat keuntungan nilai investasi minimal pengembangan diatas 13%.
    Dengan grafik yg demikian, apakah di tahun ke-10 Pru MENJAMIN saya nasabah dapat keuntungan dari saldo tunainya? atau apakah nasabah bisa merugi akibat saldo yang terbentuk hanya dibawah 5% dari nilai investasi? yang artinya saldo yang terbentuk kurang dari total premi yang dibayarkan.
    * di tabel ilustrasi : saldo yang terbentuk ( untuk mendapat keuntungan / nilai pengembangan investasi harus diatas 13% ) sedangkan jika pengembangan sekitar 5% saldo yang terbentuk di tahun ke-10 hanya 24jt. - ( bayar premi 10th total 36jt )
    mohon penjelasannya ?

    BalasHapus
  23. Pakar Asuransi27 Agustus 2017 08.49

    Ada baiknya minta penjelasan ke agen Prudential terdekat Anda atau telpon ke 0211500085. Berasuransi itu berguna untuk meminimalkan resiko. Adapun investasi, nilai tunai tidak dijamin.

    BalasHapus
  24. maaf ikut bertanya , saya adalah nasabah pru link mulai 2007. sekarang sudah selesai bulan Juli 2017. suah BEP karena sudah 10 tahun, nilai investasi saya Rp.500.000,- per bulan. pertanyaan nya kapan dan berapa dana yang akhirnya bisa saya terima ?? apa syarat syarat yang harus saya bawa untuk penarikan dana ini . ? mohon pencerahanya . terima kasih

    BalasHapus
  25. saya adalah nasabah pru life assuransi. saya mulai menjadi nasabah sejak agustus 2007 selama 10 tahun dengan premi Rp.500.000,- per bulan dan sekarang sudah selesai . pertanyaan saya kapan saya bisa mencairkan dana akhir , berapa nilainya dan apa saja syarat nya ?. note ; selama menjadi nasabah saya belum pernah klaim sama ssekali . terima kasih

    BalasHapus
  26. Sudan hampir 4th sy ikut asuransi prudential dengan premi 500rb/bln.. Namun Sudah 3bln terakhir sy tidak be membayar uang asuransi krn usaha sy sedang krisis. Dan saya berniat menutup asuransi dgn harapan bisa mengambil uang asuransi meskipun sy tau uang yg kita dpt byk potongan ini itu yg sy krg mengerti. Tetapi tidak apa2, yang penting tidak dipersulit. Terima kasih

    BalasHapus
  27. Selamat siang.. kalo boleh tau gimana hasil penarikan dana nya. Karna saya bentar lg juga habis tempo. Kalau boleh tolong hub saya di librayanti82@hotmail.com thanks

    BalasHapus
  28. Sore pak....saya sdh menjadi nasabah prudential sejak 10 juni 2015 dgn premi bln an nya Rp.700 rb / bln. saya ber alamat di tambun bekasi.Tgl .3 oktober 2017 kmaren saya mau tutup premi karna saya ga sanggup byr premi nya lagi. Skrg saya tinggal di medan dan mggu lalu sya mendatangi kantor pusat prudential d medan untk claim tutup asuransi...tp ketika saya menanyakan jumlah uang yg saya dapatkan dari Customer service nya mengatakan hanya dapat Rp.2.9 an jt ...saya terhitung join di prudential 27 bln. Yg saya tanyakan brapa rincian yg tepat saya trima seharus nya? karna di medan sendiri tdk transparant ttg rincian nya.dan agentt di bekasi jg hanya mrnyuruh saya tlp k pusat prudential jakarta....mohon accurate rincian nya

    BalasHapus